February 26, 2024

Faisal Hadi

Menuliskan sebuah mimpi hingga menjadi nyata

Asak kreativitas anak dengan permainan origami

Asak kreativitas anak dengan permainan origami

Ide kreatif dari kertas origami mungkin hanya sebatas permainan saja.tapi tahukah bunda, kalau origami ternyata bisa untuk mengasah kreativitas pada anak? Dan dalam kesempatan kali ini kita akan belajar banyak hal mengenai itu semua.

Apa sih manfaat origami itu? inilah yang akan kita bahas dalam kesempatan kali ini. Karena banyak orang menganggap origami sebagai permainan belaka, padahal ada segudang manfaat di balik itu semua. Nah, mari kita ulas segera saja.

Mengenal Origami

Apa sih origami? Dia adalah seni melipat kertas dari Jepang. Mengasikkan sekali. Jadi kertas diliat menjadi apapun yang dimaukan agar membentuk sesuatu. Origami disukai anak atau dewasa karena asik memainkannya.

Sehingga permainan ini diajarkan juga di sekolah indonesia mulai PAUD sampai jenjang sekolah lainnya. Nah, bunda, tahu ngga sih yang namanya origami ini memiliki segudang manfaat? Apa saja manfaat itu mari kita simak.

Manfaat Origami

Apa saja manfata origami? Berikut deretan manfaat yang bisa didapatkan anak sejak dini.

  1. Berlatih imajinasi

Penting banget. Anak yang memiliki daya imajinasi akan mampu berpikir dengan daya cipta yang bagus. Nah, ini salah satu manfaat pertama yang bisa didapatkan anak. Di sini tugas bunda hanya mengajarkan anak untuk membentuk sesuatu, sebagai contoh ajak anak membentuk kupu-kupu atau buah-buahan.

  1. Mengenal bentuk

Anak usia dini akan bermanfaat jika diajaarkan mengenal bentuk. Origami mengajarkan anak memahami bentuk, pola dan banyak lagi. Sekarang masalahnya, bagaimana bunda mengajarkan yang terbaik agar anak bisa menyukai pelajaran yang ada. Bunda juga bisa gunakan ini untuk pengajaran anak.

  1. Instruksi

Anak mengenal instruksi dengan baik. Melalui permainan ini bunda bisa mengembangkan cara berpikir serta kogitif anak. Nah, jangan sampai salah paham lagi. Ajarkan dan jadikan ini permainan menarik di rumah atau untuk usia pra sekolah.

  1. Mengasah bakat seni

Bakat seni anak juga terasah  dengan baik. Bunda, perhatikan ini agar anak mampu mengerti apa bakatnya. Permainan ini pun mengasah anak untuk menyalurkan hobinya. Harapannya sih, anak akan menjadi lebih pandai.

  1. Memecahkan masalah

Ini yang paling penting. Seorang yang memiliki kemampuan literasi, dia mampu memecahkan masalahnya sendiri. Origami akan mengasah anak untuk bisa melakukukannya. Menarik tidak bunda? Sangat menarik untuk diajarkan pada anak.

Tip memulai mengajarkan origami pada anak

Anak usia pra sekolah tentu susah diajak bermain. Bunda bisa menyiasati dengan cara mengajaknya bermain origami. Biasanya anak usia tiga tahun sudah mampu berinteraksi walau belum total. Mari kita mulai tipnya.

  1. Ajak dia melihat

Tunjukkan pada anak tentang asiknya bermain origami. Jika anak sudah melihat, tentu saja anak tertarik, harapannya, sih, begitu. Nah perlahan saja. Jangan memaksa anak menyukai.

  1. Mulai dari bentuk yang dia suka

Biasanya anak suka dengan binatang. Coba mulai membentuk kupu-kupu, kemudian kuda atau semisalnya. Jika anak sudah suka mudah meneruskan.

Itulah tip dan pengertian origami untuk anak. Selamat mencoba ya, bunda. Semoga informasi ini berguna.