April 16, 2024

Faisal Hadi

Menuliskan sebuah mimpi hingga menjadi nyata

Cara Menanam Cabe Rawit di Polybag Agar Berbuah Lebat dan Melimpah

Cara Menanam Cabe Rawit di Polybag Agar Berbuah Lebat dan Melimpah

Budidaya cabe rawit sangat menguntungkan karena bahan ini diperlukan untuk salah satu bahan masak sehari-hari. Cara menanam cabe rawit di polybag agar berbuah lebat sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun.

Tentunya dengan menanam sendiri di rumah, kamu bisa mendapat cabe rawit tanpa harus membeli. Mengingat saat ini harga cabe memang sangat tinggi.

Tertarik untuk budidaya cabe rawit? Bagi hang tertarik, berikut adalah teknik budidaya cabe rawit yang benar agar buahnya jadi lebat dan tidak gampang busuk:

Tentukan Bibit Yang Ingin Ditanam

Kamu bisa mendapat benih cabe rawit dari toko ataupun membeli langsung dari petani cabe rawit. Bahkan, bisa juga dengan mengambil benih secara langsung.

Jika ingin mengambil benih dari buahnya langsung, pastikan cabe rawit yang dipilih benar-benar berkualitas. Setelah itu, kamu bisa ambil bijinya dan tanam hingga berubah menjadi kecambah.

Pindahkan Bibit Cabe Rawit ke Polybag

Selanjutnya, kamu bisa memindahkan bibit cabe yang sudah jadi dan siap tanam ke polybag. Pemindahannya tidak boleh dilakukan secara sembarangan karena mempengaruhi bibit yang akan kamu tanam.

Sebelum dipindahkan, siapkan media tanam dengan baik terlebih. Pertama, campurkan pupuk, tanah humus dan sekam dengan perbandingan rasio 2:3:1.

Buat lubang di tanah pada polybag dengan diameter 5 cm dengan kedalaman sekitar 5 cm. Kemudian, taruh bibit cabe rawit ke dalam tanah tersebut.

Satu lubang yang sudah disiapkan hanya bisa digunakan untuk satu bibit cabe rawit saja. Lakukan prosesnya secara perlahan supaya akar bibit cabe tidak rusak. Terakhir, padatkan bibit cabe tersebut agar tetap kokoh dan tidak ambruk.

Perawatan Cabe Rawit

Agar cabe rawit bisa berbuah dengan lebat, perawatan rutin sangat diperlukan. Sebisa mungkin penyiraman rutin dilakukan dengan cucian beras pada pagi hari serta air biasa ketika sore hari.

Kamu juga bisa memakai vitamin tanaman agar nutrisi cabe dapat terpenuhi dengan baik. Alhasil, cabe bisa cepat berbuah dengan hasil yang lebat. Juga bisa panen lebih cepat nantinya.

Dari salamdaridesa.com, cabe sudah bisa dipanen setelah tujuh bulan pasca penanaman. Saat memanen, usahakan cabe sudah berwarna merah.