December 7, 2021

Haisal Hadi

Menuliskan sebuah mimpi hingga menjadi nyata

Mengenal Lebih Dalam Fitur Toyota Safety Sense pada Toyota Raize

Mengenal Lebih Dalam Fitur Toyota Safety Sense pada Toyota Raize

Apabila ditanya mengenai faktor-faktor apa yang diperhatikan ketika memilih mobil, pasti sebagian besar menjawab sisi eksterior atau fitur hiburannya. Padahal, ada satu hal termasuk sangat penting, yakni fitur keselamatan. Salah satu produsen otomotif dunia, Toyota menghadirkan Toyota Raize untuk menjawab permasalahan tersebut.

Lalu, apa sebenarnya kelebihan mobil tersebut? Hal paling menarik perhatian adalah adanya fitur Toyota Safety Sense. Fitur ini sebenarnya hanya dihadirkan pada kendaraan harga di atas 300 juta. Akan tetapi, kini konsumen bisa menikmatinya di mobil harga di bawah nilai tersebut. Agar lebih jelas, Anda bisa menyimak pembahasan mengenai Toyota Safety Sense berikut ini.

Fitur-Fitur Toyota Safety Sense dalam Toyota Raize

  1. Pedal Miss-operation Control

Fitur pertama adalah pedal miss-operation control. Sistem tersebut akan mendeteksi pedal akselerator maupun gas pengemudi. Dengan demikian, beberapa kasus kecelakaan karena terlalu dalam menginjak pedal bisa dihindari. Hal ini biasanya sering terjadi pada pengemudi pemula di mana ketika ingin melaju secara perlahan malah sebaliknya.

Sebagai contoh, apabila Anda sedang berada di tempat parkir lantai atas, kemudian secara tiba-tiba mobil mundur dan Anda menginjak pedal gas terlalu dalam. Umumnya ketika ini terjadi maka kendaraan akan melesat terlalu kencang sehingga dapat memicu kecelakaan, terlebih jika di depan terdapat kendaraan lain. Fitur pedal miss-operation control berfungsi membatasi distribusi tenaga yang dapat menghambat laju kendaraan.

  1. Pre-Collision System

Selanjutnya, ada fitur pre-collision system. Mungkin Anda pernah mengalami mobil menabrak benda tak terlihat di depan mobil karena kehilangan fokus. Rupanya hal tersebut kerap terjadi sehingga pihak Toyota ingin konsumennya terhindar dari kecelakaan seperti itu. Pre-collision system akan menggunakan kamera dan radar untuk mendeteksi apakah ada objek di depan mobil.

Mengenai cara kerja, apabila sistem ini melihat kemungkinan mobil menabrak objek tersebut, maka akan muncul peringatan kepada pengemudi untuk bertindak. Akan tetapi, ketika respons pengemudi terlambat, sistem ini tetap akan bertindak otomatis dengan cara mengerem kendaraan sehingga kecelakaan dapat dihindari.

  1. Adaptive Cruise Control (ACC)

Fitur cruise control mungkin tidak terlalu spesial karena beberapa kendaraan lainnya juga banyak menggunakan sistem ini. Sebenarnya ACC berfungsi mempermudah kerja pengemudi, terutama di jalan bebas hambatan karena secara otomatis kendaraan akan melaju tanpa harus menginjak gas maupun rem. Jelas ini akan sangat membantu.

Pada prinsipnya, sistem ACC ini akan melakukan pemindaian adanya kendaraan di depannya. Kemudian, kendaraan akan secara otomatis menjaga jarak aman. Selain kendaraan, ACC juga bisa berfungsi membaca marka jalan sehingga ketika mobil keluar jalur bisa segera diantisipasi. Kemudian, mobil akan melakukan pengereman serta mengurangi kecepatannya.

  1. Lane Departure Alert

Lane Departure Alert berfungsi memperingatkan pengemudi apabila pengendara tiba-tiba kehilangan fokus sehingga mobil keluar dari jalur. LDA menggunakan kamera dan sensor untuk membaca marka jalan. Saat kendaraan keluar jalur, maka sistem akan memberikan peringatan kepada pengemudi. Namun, apabila pengemudi terlambat merespons, maka secara otomatis sistem akan mengoreksi posisi yang benar.

Fitur ini sangat bermanfaat, terlebih kejadian seperti ini kerap menimbulkan kecelakaan fatal yang merenggut korban jiwa. Salah satu alasan paling umum terjadi adalah karena sopir mengantuk dan tiba-tiba tertidur di pertengahan jalan. Dengan adanya LDA ini kasus kecelakaan tersebut bisa dihindari. Selanjutnya, pengemudi bisa istirahat terlebih dahulu agar lebih segar.

  1. Blind Spot Monitor

Fitur yang terakhir adalah blind spot monitor. Fitur ini dapat ditemukan pada mobil produksi terbaru di tanah air. Cara kerjanya adalah sistem akan memberikan peringatan audio maupun visual ketika terdeteksi ada objek mendekat dari area blind spot. Jadi, ketika Anda ingin berpindah jalur, keluar dari posisi parkir, atau berhenti tiba-tiba dapat melakukan antisipasi.

Itulah tadi beberapa fitur Toyota Safety Sense yang disematkan pada mobil Raize. Mengingat fitur tersebut hanya terdapat pada mobil kelas atas, ini merupakan kesempatan sangat tepat untuk menikmatinya. Dengan harga relatif lebih terjangkau, Anda sudah bisa menikmati kemewahan tersebut. Bisa dikatakan bahwa mobil ini merupakan salah satu rekomendasi kuat ketika Anda sedang mencari teman perjalanan tangguh.