April 16, 2024

Faisal Hadi

Menuliskan sebuah mimpi hingga menjadi nyata

Peran Strategis: Literasi Digital dalam Kemenkominfo

Peran literasi digital

Literasi digital adalah kemampuan untuk mengakses, memahami, menggunakan, dan menciptakan informasi dengan menggunakan teknologi digital. Peran literasi digital sangat penting di era informasi saat ini, karena dapat membantu masyarakat untuk berpartisipasi secara aktif dan kritis dalam berbagai aspek kehidupan, seperti pendidikan, pekerjaan, kesehatan, politik, dan budaya.

Peran Kemenkominfo dalam Literasi Digital

Salah satu lembaga pemerintah yang bertanggung jawab untuk meningkatkan literasi digital di Indonesia saat ini adalah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Lembaga Kemenkominfo memiliki peran strategis dalam mengembangkan dan mengimplementasikan kebijakan, program, dan layanan yang berkaitan dengan komunikasi dan informatika, termasuk literasi digital.

Berikut ini merupakan beberapa peran strategis Kemenkominfo dalam literasi digital di Indonesia:

1. Mendorong Aksesibilitas dan Teknologi Digital

Peran Kemenkominfo yang pertama dan salah satu yang paling utama adalah Kemenkominfo berupaya untuk memperluas cakupan dan kualitas infrastruktur telekomunikasi dan internet di seluruh wilayah Indonesia, terutama di daerah terpencil dan tertinggal.

Kemenkominfo juga berusaha untuk menurunkan biaya akses dan penggunaan teknologi digital, sehingga seluruh masyarakat Indonesia dapat memperoleh informasi dengan mudah dan murah.

2. Meningkatkan Kapasitas dan Kompetensi Masyarakat dalam Literasi Digital

Kemudian, peran Kemenkominfo selanjutnya adalah menyelenggarakan berbagai pelatihan, bimbingan, dan sertifikasi yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam mengakses, memahami, menggunakan, dan menciptakan informasi dengan menggunakan teknologi digital.

Kemenkominfo juga bekerja sama dengan pihak lain, seperti lembaga pendidikan, media massa, organisasi masyarakat sipil, dan sektor swasta, untuk menyediakan sumber terpercaya dan bahan ajar yang kredibel dan berkaitan dengan literasi digital.

3. Melindungi Hak dan Kepentingan Masyarakat dalam Literasi Digital

Peran Kemenkominfo yang terakhir dalam literasi digital adalah mengawasi dan mengatur pengelolaan penyelenggaraan telekomunikasi dan internet, serta penyiaran konten informasi di media massa dan media sosial.

Selain itu, Kemenkominfo juga memberikan perlindungan hukum bagi masyarakat yang menjadi korban atau pelaku pelanggaran terkait dengan literasi digital, seperti penyebaran hoaks, ujaran kebencian, pornografi, radikalisme, terorisme, pencurian data, peretasan, dan sebagainya.

Tujuan literasi digitalSumber: Freepik

Literasi digital adalah sebuah kecakapan yang sangat dibutuhkan oleh hampir seluruh masyarakat di era informasi saat ini.

Kemenkominfo memiliki peran strategis dalam meningkatkan literasi digital di Indonesia melalui tiga aspek utama: aksesibilitas dan keterjangkauan teknologi digital; kapasitas dan kompetensi masyarakat dalam literasi digital; serta perlindungan hak dan kepentingan masyarakat dalam literasi digital.

Dengan demikian, Kemenkominfo telah berkontribusi untuk mencapai tujuan literasi digital agar masyarakat Indonesia menjadi semakin cerdas, mandiri, kreatif, inovatif, produktif, dan sejahtera.

Jika peran di atas berhasil diimplementasikan dengan maksimal oleh Kemenkominfo, maka tingkat literasi digital masyarakat Indonesia dapat meningkat dan berada di level yang baik. Demikian artikel mengenai peran literasi digital Kemenkominfo yang strategis. Semoga artikel ini bermanfaat!