July 13, 2024

Faisal Hadi

Menuliskan sebuah mimpi hingga menjadi nyata

Tahapan Tekstur MPASI Yang Harus Diketahui Orang Tua

Tahapan Tekstur MPASI Yang Harus Diketahui Orang Tua

Tak terasa, si kecil sudah memasuki usia 6 bulan. Itu artinya orang tua harus sudah menyiapkan MPASI alias makanan pendamping ASI. Sebelum memberikan MPASI, orang tua harus tahu tekstur MPASI yang disarankan terlebih dahulu.

Tujuannya agar si kecil dapat mengkonsumsi makanan tersebut dengan baik. Bicara soal tekstur makanan untuk pendamping ASI, berikut tahapan tekstur untuk MPASI yang harus orangtua ketahui :

1. Usia 6 Bulan

Di usia ini, biasanya si kecil masih adaptasi dengan MPASI yang akan Bunda berikan. Oleh karena itu, makanan yang diberikan harus dibuat semi likuid agar bayi tidak tersedak.

Perlu diketahui, tersedak menjadi hal yang sangat berbahaya untuk si kecil. Belum lagi, si kecil belum punya kemampuan untuk mengeluarkan makanan di saluran napasnya.

Tekstur MPASI untuk bayi yang berusia 6 bulan adalah halus dan semi cair. Ibu harus menghaluskan makanan jadi bubur atau puree tekstur yang sangat halus supaya dapat dikonsumsi anak dengan baik.

2. Usia 7-8 Bulan

Di usia ini, pemberian MPASI dapat ditingkatkan lahi. Maksudnya, tekstur yang sebelumnya harus halus sudah bisa agak kasar tapi tetap harus bisa dikonsumsi oleh si kecil.

Bunda hanya perlu memblender makanan tanpa menyaringnya lagi. Namun, makanan jangan diblender terlalu halus. Pasalnya, sinkecil sudah mulai terbiasa makan makanan yang berstruktur padat dan agak keras. Tak ada salahnya memberi campuran ASI agar tekstur MPASI lebih pas.

3. Usia 9-10 Bulan

Si kecil yang sudah mulai menginjak 9 bulan bisa diberikan MPASI dengan tekstur yang dapat dinaikkan kembali. Di usia ini, Bunda sudah bisa memberikan makanan tanpa harus diblender terlebih dahulu.

Sebagai gantinya, Bunda bisa hanya mencacah makanan yang akan diberikan saja. Jadikan makanan tersebut menjadi bubur dengan tekstur yang agak kasar.

Di awal mungkin Bunda akan sedikit kesulitan. Namun hanya menyerah dan berikan makanan sedikit demi sedikit. Di usia ini, Bunda memang harus lebih bersabar.

4. Usia 11 Bulan

Untuk bayi yang berusia  11 bulan, tekstur MPASI sudah bisa ditingkatkan kembali. Di usia ini, anak sudah bisa diberikan nasi tim. Hanya saja diberikan yang teksturnya masih lembek untuk latihan sang buah hati.

Biasanya, di usia ini anak sudah tahu jika nasi adalah makanan utama yang harus dikonsumsi saat lapar. Berikan nasi tim dengan tambahan sayuran agar nutrisi anak mencukupi.

5. Usia 12 Bulan

Di usia ini, si kecil sudah bisa diberikan makanan seperti yang dikonsumsi anggota keluarga lainnya. Berikan sayuran dengan proses pemasakan yang baik agar kandungan didalamnya tidak berkurang.

Sekarang Bunda sudah tahu tekstur MPASI yang harus diberikan kepada sang buah hati. Tentunya, pemberian MPASI harus dilakukan dengan baik agar nutrisi anak tetap terpenuhi dengan baik.